Do'a Emakku Sayang

Diposting oleh Matta Maurilla / Category:

 duduk termenung sedikit mangap atau yang sering di bilang 'ngowoh' oleh orang jawa itu memang asik,
hingga emak menepuk punggungku

"aduh si eneng ngapain disini, ayo cepet masuk, pamali ahh neng magrib magrib gini nglamun sendirian"

"idih si emak teh ganggu aja iih"

"eleh eleh di bilangin juga, eneng sekarang susah dibilangin kenapa ih, emak bilangin abah entar"

"Mak, eneng teh gak suka ya emak ungkit ungkit si abah lagi"

"ulah kituk atuh neng ih, gimanapun juga itu teh abah eneng" mata emak berkaca-kaca memandangku

"kagak ada kagak ada, kalo dia abah eneng ? mana mak mana? sudahlah mak terima saja kalo abah teh sudah tak ada" suaraku sedikit membentak emak

"eneng !!! emak percaya sama abahmu dia disana masih hidup keringetan bakal nyekolahin eneng" kulihat mata emak merah

"mau sampai kapan maaaakkk... eneng teh butuh sekolah bukan butuh abah, eneng teh bosen mak bosen harus jual roti terus .......
emak mau eneng sekolah sambil gendong anak? keburu tua makk !!" suara kerasku mengagetkan emak

"astagfirullah eneng pamali neng pamali" menangis emak melihatku anak satu satunya yang berhenti sekolah karena kondisi ekonomi

"nangis mak nangis !!!! apa air mata emak bisa nyekolahin eneng? bisa mak?" berlari pergi masuk dan membanting pintu kamarku

Aku tau dari luar kamar, emak mendengar tangisanku dan hanya bisa mengelus dada sambil sesekali menghapus air matanya.
malam ini aku terbangun mendengar tangisan emak pada do'a malamnya

"Ya Allah, kuatkan hatiku untuk menerima segala coba'anmu bahagiakan putri semata wayangku Ya Allah, jangan biarkan putriku menangis, dia hartaku satu satunya, dulu aku berjanji pada ayahnya untuk menuruti segala keinginanya lalu dosakah aku sekarang yang bahkan menyekolahkan dia pun aku tak sanggup. Ya Rabbi ampuni dosaku tak bisa membahagiakan titipanMu, beri hambamu rizki untuk menyekolahkan putriku yang baik ini, jangan siksa dia karena kebodohanku, apapun kulakukan untuk senyumanya.
Tolong hamba Ya Rabbi bila Engkau ijinkan hamba ingin
Tukar nyawa hamba untuk kebahagianya"

Dari belakang ku dekap emak yang masih terbalut mukena putih kesayanganya, tak ada yang bisa kukatakan untuk emak
entah seberapa besar dosaku
dalam hati aku berkata "Ya Allah maafkan aku, aku sayang emakku"


0 komentar:

Posting Komentar